Home / Banten Raya / Peringati Hari Batik Nasional, Sekolah Insan Teratai Wajibkan Pakai Batik

Peringati Hari Batik Nasional, Sekolah Insan Teratai Wajibkan Pakai Batik

Tangerang (FN) – Ada yang berbeda di hari ini, 2 Oktober 2019. Di sepanjang jalan di wilayah Kabupaten Tangerang, siswa-siswi yang menuju sekolah memakai baju batik.

Mereka memakai batik, karena memang hari ini diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Berdasarkan Surat Edaran yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Batik Dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober. Maka seluruh instansi baik pemerintah maupun swasta dan institusi pendidikan diwajibkan untuk memakai baju batik.
Sekolah Insan Teratai (Inter) salah satu sekolah yang mewajibkan siswanya untuk memakai baju batik, mulai tingkat TK, SD, dan SMP.

Pramesty seorang guru di SMP Insan Teratai mengatakan bahwa, pemakaian batik selain memang diwajibkan dari dinas, juga untuk mengenalkan batik kepada siswa-siswi.

“Dengan memakai batik, anak-anak jadi mengetahui jenis, corak, dan ragam batik serta ciri khas batik masing-masing daerah di Indonesia.”

Yowen siswa kelas VII mengakui sebelumnya dia belum tahu tentang Hari Batik Nasional. “Saya tahu setelah sekolah memberikan surat pemberitahuan Kepada orang tua agar kami memakai baju batik pada hari ini guna memperingati Hari Batik Nasional.” kata Yowen.

Hal senada juga disampaikan Jessica, baginya dengan memakai baju batik, ada hal yang berbeda. “Teman-teman jadi kelihatan lebih cantik dan ganteng. Karena memang baju batik yang mereka kenakan berwarna-warni. Coraknya juga bagus-bagus. Jadi kami bangga memakai baju batik khas Indonesia.”

“Kebudayaan Indonesia memang beragam. Kita patut mensyukuri dan bangga bahwa batik Indonesia telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan, untuk budaya lisan dan non-bendawi oleh United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization. Jadi segala kekayaan bangsa kita haruslah kita lestarikan, agar anak cucu kita bisa mengetahui, mencintai, dan melestarikan harta yang tidak ternilai ini.” jelas Tony Firmansyah, selaku Kepala SMP Inter. (Ellen)

Check Also

Wali Kota Tangerang Sampaikan Pesan Damai Dalam Baksos Peringatan HUT TNI ke-74

TANGERANG (FN)- Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-74 yang diperingati pada tanggal 5 Oktober setiap …