Home / Banten Raya / Pemkot Tangsel Gelar Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Pemkot Tangsel Gelar Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

TANGSEL(FN)- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar peringatan hari kesaktian pancasila yang diselenggarakan di Lapangan Cilenggang, Serpong, Selasa (1/10).

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan, penyelenggaraan peringatan hari kesaktian pancasila merupakan salah satu upaya untuk memelihara ingatan bahwa pancasila sebagai ideologi harus terus dipegang teguh oleh seluruh komponen bangsa ini.

“Pancasila harus terus dipegang teguh dalam setiap penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara, ber-pemerintahan, dan dalam kehidupan sehari-hari.”ungkapnya.

Disamping hal tersebut, peringatan hari kesaktian pancasila juga harus dilihat sebagai sebuah kesempatan semua untuk menguatkan kembali komitmen masing-masing terhadap pengamalan nilai-nilai kehidupan yang terkandung di dalam kelima sila yang ada di dalam pancasila.

Peringatan hari kesaktian pancasila tahun 2019 mengangkat tema ”pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa menuju indonesia maju dan bahagia.”

Tema ini dirasakan sangat relevan dan tepat mengingat penguatan karakter bangsa merupakan sebuah upaya yang saat ini harus dilakukan secara bersama dalam rangka membangun sebuah bangsa yang mandiri dan unggul, khususnya dalam menghadapi persaingan global.

”Kita harus meyakini bahwa dengan memegang pancasila sebagai pandangan hidup, dasar negara, landasan ideologi dan falsafah kehidupan, maka bangsa kita akan menjadi bangsa yang besar. Bangsa kita akan menjadi sebuah bangsa yang disegani dalam pergaulan antar bangsa.”jelasnya.

Sudah saatnya bangsa menjadi bangsa yang mampu berbicara, berkiprah dan berperan penting dalam pergaulan internasional.” Kita memiliki semua potensi untuk mewujudkan hal tersebut. Negara kita adalah sebuah negara besar dengan sumberdaya yang berlimpah. Yang diperlukan adalah kesadaran, komitmen dan tekad kuat semua elemen bangsa untuk merealisasikan ekspektasi tersebut.”katanya.

Indonesia yang maju dan bahagia sebagaimana tertuang dalam tema peringatan hari kesaktian pancasila tahun 2019 ini, harus diupayakan secara bersama. Seluruh stakeholder harus memiliki kesamaan visi dan persepsi untuk mewujudkan indonesia yang maju.

Dalam konteks daerah, kemajuan hanya akan dapat diwujudkan jika pemerintah daerah bersama dprd, masyarakat, pelaku usaha, komunitas, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh agama dam komponen lainnya bersinergi dan bekerja bersama dengan visi yang sama.

Upaya untuk memajukan daerah bukan pekerjaan yang sederhana karena akan senantiasa ada tantangan dan hambatan yang harus dihadapi dan diselesaikan. “Namun demikian, satu hal yang harus kita yakini dan kita jadikan pegangan, tantangan dan permasalahan apapun akan ada solusinya, sepanjang kia mau dan mampu berkerja keras.”ungkapnya.

Untuk itu, dalam kesempatan yang baik ini, dirinya mengajak semua yang ada di disini untuk dapat bekerja dan berkarya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing untuk memajukan kota Tangsel. “Mari kita laksanakan tugas kita dengan baik. Mari kita selesaikan apa yang menjadi tanggung jawab kita dengan baik.”pintanya. (hms/ben)

Check Also

Dandim 0506/Tangerang : Darah ini Untuk Rakyat

Kota Tangerang(FN) – Dandim 0506 Tangerang, Letkol Wisnu Kurniawan, S. Sos bersama Direktur proyek Aeropolis, …