Home / Nasional / Pemerintah Jamin Keamanan Dokter di Papua

Pemerintah Jamin Keamanan Dokter di Papua

Papua(FN)- Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Christian Sohilait mengatakan, pemerintah setempat menjamin keamanan tenaga kesehatan baik dokter maupunn perawat dan tenaga penunjang lainnya yang bertugas di daerah tersebut. Christian mengatakan, mereka sudah mengimbau kepada warga setempat bersama TNI dan polisi yang bertugas di situ agar menjaga keamanan tenaga kesehatan baik tenaga dokter maupun perawat.

Di Lanny Jaya, jelasnya, ada tiga dokter spesialis dan delapan dokter umum yang bertugas di RSUD Tiom. Kemudian di Puskesmas ada tiga dokter umum.

“Dari tiga dokter spesialis ini, satu di antaranya memang diminta untuk membantu layanan kesehatan di Wamena karena mereka tidak punya dokter bedah. Jadi kami bantu untuk menangani korban kerusuhan di Wamena ini,” ujarnya, Sabtu (28/9).

Sementara, satu dokter spesialis penyakit dalam masih berada di Lombok karena cuti. Sebetulnya, dokter itu mau masuk lagi ke Papua, tetapi kerusuhan pecah di Wamena. Kemudian, dokter spesialis yang satu lagi yaitu spesialis kandungan, beberapa waktu ini masih berada di Surabaya.

“Sedangkan tiga dokter umum di puskesmas ini satu di antaranya lagi keluar dari Lanny Jaya karena ada urusan, sementara duanya masih tetap bertugas di puskesmas,” ujarnya.

Selanjutnya, menurut dia, delapan dokter umum yang bertugas di RSUD Tiom, satu di antaranya yang keluar ke Wamena karena mengurus keluargannya untuk menikah.

“Sedangkan yang lainnya itu tetap ada di Tiom, dan kami jamin keamanannya. Apa jaminan keamanannya, yang pertama itu direktur sudah membantu mengumpulkan semua warga yang berada di samping rumah sakit kemudian pemda sudah kasih imbauan sehingga masyarakat setempat yang ikut menjaga semua dokter itu,” ujarnya.

Menurut dia, mereka juga sudah meminta aparat TNI dan polisi agar setiap malam berpatroli di sekitar rumah sakit. “Ada juga pengamanan melekat di RSUD Tiom,” ujarnya.(red)

Check Also

Program Tangerang Berbenah Jadi Pilot Project Kementerian PUPR

TANGERANG (FN)-Misi Kota Tangerang menjadi Kota yang layak huni bagi masyarakatnya dengan cara menata dan …