Breaking News
Home / Berita Utama / TNI/POLRI / Atasi Karhutla di Riau, Panglima TNI Tambah Pesawat Untuk Water Bombing

Atasi Karhutla di Riau, Panglima TNI Tambah Pesawat Untuk Water Bombing

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo dan Asops Kapolri Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si, (Mewakili Kapolri) tiba di Gedung Daerah Pemprov Riau, Pekanbaru Riau guna melaksanakan rapat evaluasi terkait Karhutla di Riau. Sabtu (14/09/19).

Kedatangan Panglima TNI disambut langsung oleh Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M.Sabrar Fadhilah, Gubernur Riau H Syamsuar, Kapolda Riau Irjend Pol Widodo Eko Prihastopo, Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Fadjar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger.

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa dampak Karhutla sudah menjadi perhatian dan atensi langsung Presiden Republik Indonesia. Karhutla merupakan bencana berulang yang terjadi setiap tahun.

Panglima TNI menjelaskan bahwa TNI telah melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau Hujan Buatan di wilayah yang terkena karhutla. “Hasil hujan buatan hari ini (Jumat) hujan di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau,” Terang Panglima TNI, Jumat (13/09/19) kemarin malam.

Panglima TNI juga menyampaikan akan mengirim tambahan pesawat CN-295 dan Hercules untuk kembali membuat Hujan Buatan dengan skala yang lebih besar. “Besok (Sabtu) kita tambah pesawat untuk menebar garam langsung 3,5 ton sekaligus dengan pesawat CN,” Tegas Panglima TNI.

Sementara Pemerintah telah mengerahkan puluhan helikopter dari berbagai kementerian/lembaga, TNI, Polri, dan swasta untuk melakukan water bombing guna memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Riau.

“Artinya bahwa kita sudah melakukan langkah-langkah pemadaman, termasuk di antaranya kita telah mengerahkan kekuatan untuk memadamkan ribuan titik api yang setiap hari dilaporkan,” Ungkap Panglima TNI.

Lebih dari itu Panglima TNI menyampaikan bahwa sudah sepatutnya semua komponen dapat bekerja sama dengan dilandasi rasa tanggung jawab.

Turut hadir mendampingi Panglima TNI dalam kegiatan ini Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganif Warsito, Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh S, Aster Panglima TNI Mayjen TNI George E.Supit dan Asops Kasau Marsda TNI Umar Sugeng Hariyono,S.IP.,S.E.,M.M.

Check Also

Danrem 081/DSJ Olahraga Bersama Prajurit dan Persit Badak Hitam

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Masduki beserta Ibu pagi ini tampak berkunjung ke Markas Yonif 511/DY …